manusia dan radiasi …

Posted On Maret 30, 2009

Filed under yG Laen"

Comments Dropped leave a response

“ TAHAN RADIOAKTIF ”

Deinoccus radioduran adalah mikroba yang dapat bertahan di lingkungan radio aktif berdosis tinggi yang membunuh hampir semua makhluk hidup lain. Bakteri ini dapat bertahan hidup pada tingkat radiasi 1,7 juta rad yang membuat bakteri E coli, kecoak dan manusia tak mungkin bertahan hidup ( Nature 2000 ). Informasi genom bakteri ini sangat potensial untuk proses bioremidiasi. Seperti pembersihan lingkungan dari radio aktif, logam berat, atau senyawa kimia organic.

Saat ini para peneliti di Amerika serikat sedang mengeksplorasi bakteri D radioduran dengan menambah gen dari organisme lain. Tambahan gen ini megkodekan protein yang bisa merubah logam berat menjadi biomasa yang lebih netral dan menguraikan zat organic bebahaya seperti toluene. Diharapkan pula dengan mempelajari genom mikroba, manusia dapat lebih memahami proses terjadinya sel kanker yang diakibatkan oleh kerusakan DNA, sekaligus menemukan obat atau cara pengobatan kanker baru. Soalnya mikroba ini sanggup memperbaiki DNA-nya sendiri yang rusak karena pengaruh radiasi.

Radiasi Sinar X, a, ß yang dipancarkan oleh isotop radioaktif berpengaruh terhadap beberapa senyawa kimia penyusun DNA menjadi tidak aktif sehingga terjadi perubahan struktur DNA. Sinar komisi berasal dari angkasa luar, meradiasi bumi dalam bentuk partikel yang berenergi tinggi, yaitu foton, positron, meson, dan proton. Sebagai sinar kosmis memiliki daya tembus tinggi masuk ke sel tubuh sampai pada DNA didalam inti. Sinar radio aktif seperti thorium, uranium, dan radium. Zat radioaktif ini masuk ke tubuh manusia selain secara langsung dapat pula lewat makanan, minuman atau pernafasan sehingga brdampak radiasi pada sel-sel tubuh dan memiliki daya tembus tinggi masuk ke sel tubuh sampai pada DNA di dalam. Sinar Ultraviolet dari matahari tidak bersifat radioaktif sehingga hanya mempunyai daya tembus beberapa mm kedalam kulit. Jika terjadi mutasi karena sinar ultraviolet maka mutasinya hanya sekedar pada kulit tidak diwariskan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s